Perbandingan Antara Investasi Emas Dan Investasi Reksa Dana

source gambar : idntimes.com

Bentuk – bentuk investasi saat ini memang sedang banyak digemari karena dianggap bisa menjadi penyelamat dimasa mendatang. Sebenarnya ada banyak sekali bentuk investasi yang bisa dilakukan, hanya saja yang seringkali menjadi pilihan investasi adalah investasi Reksa Dana dan juga investasi Emas.

Lantas mengapa kedua jenis investasi ini kini semakin menjadi pilihan untuk berinvestasi ? Apakah karena keuntungan yang didapatkan di masa mendatang cukup besar ? Ataukah karena kedua jenis investasi ini memiliki nilai kegagalan yang relative kecil ? Daripada bingung lebih baik kita simak saja artikel berikut ini agar edukasi kita tentang investasi semakin bertambah.

Berdasarkan riset yang dilakukan pada orang – orang yang sudah mulai melakukan investasi mengatakan tentang alasan mereka memilih untuk melakukan investasi emas atau Reksa Dana. Dari riset diketahui mengapa orang berminat melakukan investasi di dua jenis investasi berikut karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat terutama bagi yang baru memulai invetasi karena mereka tida perlu merasa berat saat memulai investasi. Dengan harga muali dari Rp. 10.000 saja mereka sudah bisa mulai melakukan investasi Reksa Dana dan emas dalam bentuk digital.

Bayangkan saja jika melihat dan dibandingkan dengan harga emas per hari ini tentunya orang yang baru memulai investasi akan kaget dengan harga yang ditawarkan. Itulah yang menjadikan investasi emas digital dan Reksa dana ini menjadi ramai diperbincangkan dan juga menjadi opsi dari para pelaku investasi awal – awal.

Hanya saja dalam melakukan investasi baik Reksa Dana maupun emas digital ini tetap ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Karena biar bagaimanapun bentuk investasi yang kita lakukan haruslah menguntungkan kita untuk kedepannya. Berikut ini perbandingan antara melakukan investasi reksa dana dan emas digital.

Bagi anda yang menginginkan adanya pemasukan tiap bulan dari invetasi yang anda lakukan maka ada baiknya anda memilih reksa dana sebagai bentuk investasi anda. Hal tersebut karena memang investasi reksa dana memberikan pemasukan nyata kepada orang yang berinvestasi setiap bulannya.

Kunci dalam melakukan investasi reksa dana ini adalah semakin besar investasi yang dilakukan maka akan semakin besar pula pemasukan yang ada tiap bulannya. Itu karena biasanya investasi reksa dana merupakan bentuk sederhana dari investasi saham yang cenderung mengalami kenaikan sedikit demi sedikit.

Namun bagi anda yang tertarik untuk melakukan investasi jangka panjang dengan hasil yang bisa berkali kali lipat maka investasi emaslah solusinya. Investasi emas ini sebaiknya diberikan kepada anak atau keluarga anda kelak karena memang dalam melakukan investasi emas ini prosgressnya tida bisa secepat reksa dana.

Tidak heran mengapa sebagian besar orang beranggapan bahwa investasi emas ini bukanlah bentuk investasi karena tidak dapat memberikan pemasukan bulanan secara rutin. Tetapi meskipun begitu jika emas ini benar – benar bisa dijaga maka kelak di masa mendatang emas tersebut bisa dijual dengan harga yang bahkan bisa 10 x dari harga modal.

Jadi meskipun investasi emas dan reksa dana ini memiliki keunggulannya masing – masing tetapi satu hal penting yang perlu diperhatikan saat hendak melakukan investasi ini adalah perhatikan harga rupiah di pasaran saat sedang mulai berinvestasi karena itulah yang akan mempengaruhi pemasukan kita kedepannya. Jangan sampai investasi yang kita lakukan justru merugikan kita.