Peran amal dalam masyarakat saat ini

Zakat PenghasilanBanyak yang dikatakan, telah dikatakan dan akan dikatakan tentang amal; Amal kepada sesama, amal terhadap diri sendiri, amal Kristiani, karya amal?

Karena dapat ditafsirkan dalam banyak cara, sebelum melanjutkan, saya ingin mengklarifikasi jenis amal apa yang akan saya rujuk di seluruh tulisan ini. Ketika kita membaca kamus RAE kita melihat bahwa ada beberapa arti untuk kata ini, saya tinggal, dan itu adalah yang akan saya bicarakan, dengan yang mengatakan: Sikap solidaritas dengan penderitaan orang lain.

Ketika berbicara tentang amal, sangat umum untuk menemukan dua pendapat, kurang lebih bertentangan: bahwa itu penting dalam masyarakat kita dan itu adalah beban bagi masyarakat kita, karena dengan itu kita mengundang badan-badan resmi untuk menghentikan kewajiban mereka. harus menciptakan mekanisme yang diperlukan agar semua warga negara memiliki kehidupan yang layak, dengan segala konotasi yang menyertainya.

Dalam masyarakat utopis, mungkin tidak akan ada tempat untuk amal. Tetapi kenyataannya adalah bahwa masyarakat kita, dan saya tidak mengatakan sekarang, tetapi selalu, masyarakat yang diciptakan oleh manusia sejak mereka merasa perlu untuk hidup di perusahaan rekan-rekan mereka, tidak pernah sempurna dan kemungkinan besar tidak pernah jadilah, maka akan terjadi ketidaksempurnaan, ketidakadilan, ketidaksetaraan, dan sebagainya.

Untuk meredakan salah satu dari banyak ketidakadilan ini adalah mengapa manusia membutuhkan amal, amal yang dipahami dengan baik, bukan amal, yang sayangnya kita lihat setiap hari; geek, saleh, prudish… Tapi putri amal solidaritas, rasa keadilan.

Bukan karena kita merasa senang melakukannya atau karena agama kita mengatakan bahwa kita harus merasakan kasih yang besar kepada sesama kita, atau karena kita merasa kasihan pada tetangga kita yang menderita, atau karena kita terpaksa membantunya untuk membungkam hati nurani kita. Bukan amal yang kami dedikasikan sebagian dari waktu kami dan kemudian, jika saya pernah melihat Anda, saya tidak ingat.

Jadi amal apa yang kita bicarakan? Amal yang saya yakini adalah yang lahir dari keyakinan bahwa semua orang memiliki hak untuk hidup bermartabat, dan jika seseorang tidak menikmati hak itu, itu karena masyarakat resmi telah mencurinya.