Cara Mengatasinya Penyebaran Kutu Rambut dengan Efektif

Sebelum Anda cara menghilangkan kutu rambut maka pahami terlebih dahulu bagaimana Anda bisa terkena kutu rambut. Kutu kepala tidak melompat, mereka tidak hidup dari hewan peliharaan dan tidak ada hubungannya dengan kebersihan pribadi. Cara penyebaran kutu kepala yang paling umum adalah melalui kontak kepala-ke-kepala. Ini berarti Anda pasti pernah menyentuh kepala dengan seseorang yang memiliki kutu rambut. Ini mungkin terjadi selama olahraga, pesta tidur atau waktu bermain di dalam atau di luar sekolah.

Cara yang lebih kecil kemungkinannya terkena kutu rambut adalah dengan berbagi barang-barang pribadi yang menyentuh kepala, seperti topi, sisir rambut, dan aksesori rambut. Kutu kepala perlu makan darah setiap 12 hingga 24 jam, sehingga mereka tidak dapat bertahan hidup jauh dari kepala manusia lebih dari sehari.

Setelah Anda menemukan kasus kutu yang dikonfirmasi, maka segera ambil langkah-langkah untuk mencegah kutu agar tidak menyebar ke anggota keluarga lainnya. antara lain:

  • Hindari berpelukan atau kontak dekat lainnya.=
  • Periksa anak-anak dan orang dewasa lain di rumah Anda untuk kutu.
  • Seringkali, pada saat Anda mendapat telepon dari perawat sekolah, anak Anda telah menderita kutu rambut untuk sementara waktu. Seluruh keluarga Anda mungkin perlu dirawat untuk mencegah infeksi ulang.
  • Mencuci topi, sarung bantal, dan barang serupa yang menyentuh kepala dengan air panas dapat membantu mencegah kutu rambut. “Namun, mendisinfeksi seluruh rumah Anda tidak perlu, karena penularan kutu rambut dari benda mati jarang terjadi,” kata Dr. Cohen.

Untuk membasmi dan mengobati kutu rambut dengan benar, Anda perlu memahami dengan benar tentang kutu rambut ini, tandanya dapat ditemukan dalam satu atau lebih bentuk berikut:

  • Telur kutu kepala (nits) menempel kuat pada pangkal rambut. Mereka mungkin terlihat seperti ketombe, tetapi jika Anda memeriksanya dengan kaca pembesar, Anda dapat melihat bahwa telur kutu berbentuk oval dan tidak rata.
  • Telur menghasilkan nimfa, yang memiliki warna putih keabu-abuan dan melewati tiga tahap sebelum menjadi dewasa.
  • Kutu dewasa berwarna cokelat dan dapat terlihat bergerak cepat di sepanjang rambut atau di kulit kepala.

Untuk menghilangkan kutu rambut selamanya, maka pastikan kutu tidak bertelur  atau jika sudah bertelur segera lakukan pembersihan, kemudian jangan biarkan kutu rambut leluasa untuk berkembangbiak. Gunakan shampo khusus untuk membersihkan kutu atau juga bisa menggunakan serit kutu untuk menyisir kutu secara perlahan. Lakukan cara ini minimal 1 -2 minggu kedepan agar kutu benar-benar musnah dari rambut anda.

Kutu rambut membutuhkan inang manusia untuk bertahan hidup. Jika rambut hilang, begitu juga kutu rambut. Meskipun memotong rambut anak mungkin tampak seperti solusi ekstrem, itu mungkin tindakan yang layak untuk beberapa orang tua. Jika anak Anda sudah mendapatkan potongan rambut pendek, mungkin masuk akal bagi Anda untuk menangani kutu rambut dengan menghancurkan habitatnya.