8 Cara Mengatur Waktu agar Tidak Melewatkan Sholat

Setiap kota ada perbedaan jadwal sholat yang perlu disesuaikan. Aktivitas yang padat jangan sampai membuat Anda melewatkan jadwal sholat Jakarta. Berikut ini cara untuk mengatur waktu dengan baik.

1.   Membuat Estimasi Waktu

Buatlah sebuah estimasi waktu dalam mengerjakan aktivitas. Estimasi dibuat agar Anda bisa fokus dan semangat untuk segera menyelesaikannya sebelum masuk waktu sholat. Jadi, tidak ada waktu yang terbuang sia-sia karena estimasi sudah dibuat untuk menjadi targetnya.

2.   Beri Jeda setiap Aktivitas

Penting sekali untuk melakukan aktivitas dengan baik tanpa harus melupakan bahwa Anda perlu jeda untuk ibadah. Berilah jeda di sela-sela aktivitas yang bisa disesuaikan dengan jadwal sholat Jakarta. Jadi, di waktu jeda Anda bisa sholat tepat waktu dan dzikir dengan tenang tanpa diburu pekerjaan atau aktivitas karena sudah ada waktu yang ditentukan.

3.   Biasakan Terorganisir

Sulit memang jika menjalankan aktivitas tidak diatur dengan terorganisir secara baik. Anda perlu menetapkan kapan harus melakukan semuanya secara berurutan agar membentuk sebuah kebiasaan. Alhasil tidak akan melewatkan waktu sholat.

4.   Aplikasi Pengingat Waktu Sholat

Aktivitas sering sekali membuat Anda lupa waktu sholat. Gunakan aplikasi pengingat waktu sholat akan sangat membantu. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa diunduh di playstore. Nanti Anda tinggal menyesuaikan lokasi daerah tempat berada. Di aplikasi ada pengaturan suara pengingatnya yang bisa Anda atur.

5.   Jaga Hubungan dengan Teman yang Sholeh

Bagaimanapun lingkungan sangat mempengaruhi bagaimana kehidupan Anda. Ada baiknya untuk menjaga hubungan dengan teman yang sholeh. Tujuannya tentu saja agar membantu Anda menjadikan sholat tepat waktu sebagai kebiasaan dan tidak bisa untuk meninggalkannya. Dekatilah teman yang menjaga sholat agar Anda juga bisa ikut menjaganya.

6.   Atur Alarm Manual

Sholat tepat waktu ialah sesuatu yang bagus untuk dibiasakan. Anda bisa mengatur alarm secara manual 10 menit sebelum masuknya waktu sholat. Jadi bisa bersiap-siap lebih awal. Apa lagi untuk laki-laki ini membantu sekali agar bisa ke mesjid untuk sholat berjamaah.

7.   Menjaga Wudhu

Cara agar tidak melewatkan waktu sholat ialah bisa dengan menjaga wudhu Anda. Jadi saat waktu sholat masuk bisa bersegera dan mencegah Anda juga untuk lupa mengerjakan sholat. Menjaga wudhu juga sangat membantu sekali jika Anda sedang di perjalanan jadi tidak repot lagi untuk mengambil wudhu saat berhenti saat waktu sholat masuk.

8.   Jangan Begadang

Sholat subuh tentunya berat untuk bangun jika Anda tidur terlalu malam. Jadi, hindari begadang terlalu malam agar tidak melewatkan waktu sholatnya. Anda juga bisa beristirahat dengan cukup jika tidak begadang.

Cara mengatur jadwal sholat ini tentunya bisa diterapkan dengan mudah. Anda mulai setiap langkahnya dengan perlahan-lahan. Saat sudah dilakukan setiap hari maka akan menjadi kebiasaan untuk selalu sholat tepat waktu.